Kiblat di Suriname ke Barat dan ke Timur


Baru-baru ini MUI telah memfatwakan bahwa arah kiblat sholat kaum muslim di Indonesia telah bergeser ke arah barat laut. Muncul pro dan kontra dalam menyikapi fatwa ini. Ada yang memperbolehkan tetap dengan arah yang lama dan adapula yang mengharuskan segera menyesuaikan diri dengan arah yang baru.

Tahukah anda? sesungguhnya ada sebuah tempat dimana Masjidnya memiliki arah kiblat yang berbeda 180 derajat.

Suriname:

Hampir seluruh penduduk Suriname adalah orang keturunan Jawa Indonesia. Negeri ini masih masuk dalam area administrasi negara Belanda. Kearah manakah kiblatnya sholat warga Suriname seharusnya?

Dari letak geografisnya, Mekkah ada disebelah timur Suriname. Seharusnya seluruh muslim Suriname sholat menghadap ke timur.

Tapi tidak sedikit masjid disana yang mengarahkan kiblatnya ke barat. Apa yang menjadi landasan mereka mengarahkan kiblatnya ke barat? meskipun sebenarnya mereka tahu Mekkah ada di timur wilayah mereka.

Sejarah yang membuat fenomena arah kiblat di Suriname berbeda. Eksodus orang jawa ke Suriname saat penjajahan Belanda di Indonesia tidak merubah kebiasaan mereka sholat menghadap ke barat.

Mereka meyakini di baratlah arah kiblat seperti saat mereka masih tinggal di Indonesia. Sehingga mereka mengarahkan sholatnya menghadap ke barat.

Seiring dengan perjalanan regenerasi, kaum muda Suriname telah banyak yang mengarahkan kiblatnya ke timur sekarang ini. Ini memang arah kiblat yang seharusnya di Suriname.

Secara pelan-pelan, mereka mencoba merubah pandangan kaum tua untuk mengarahkan arah sholatnya ke timur. Upaya ini ada tingkat keberhasilannya. Tapi sampai saat ini masih banyak ditemui masjid-masjid yang berlainan arah kiblatnya disana.
Penulis : Widy
Sumber : Gatra

About these ads

6 responses to this post.

  1. Seperti orang muda Suriname yang memindahkan arah kiblatnya ke timur, blogger ini memindahkan negara Suriname ke benua Eropa. Piz

    Balas

  2. Posted by C.Harun on 13 Agustus 2012 at 09:03

    trims informasi nya. Sangat bermanfaat. Sedikit koreksi, Suriname terletak di Amerika Latin, bertetangga dengan Brazil dan Guyana, bukan di Eropa.

    Balas

  3. Posted by Mahmud on 21 Desember 2013 at 12:54

    Ini bukti bahwa taqlid itu memang kuat. Namun demikian taqlid biasanya terjadi pada orang yg kurang pengetahuanya. Orang yg taqlid susah menerima saran dan masukan dari siapapun kecuali orang yg dianggap figur oleh mereka

    Balas

  4. Posted by budi sarwono on 30 Juni 2014 at 16:09

    mas sebagian besar orang suriname adalah keturunan India, nomer 2 orang kulit hitam, nomer 3 baru orang jawa, di sana orang jawa hanya ada 15% dari total populasi 500rb…jadi kira2 ada 80rb orang jawa.di suriname….

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: