Penyakit Paling Mematikan Di Dunia


Ini adalah epidemi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Membunuh orang dewasa di seluruh dunia melebihi ganasnya semua penyakit menular lainnya.  dan hampir setengah dari pengungsi di dunia mungkin terinfeksi dengan itu. Ini adalah pembunuh utama orang dengan human immunodeficiency virus (HIV) dan anak-anak. Ini bukan AIDS, atau hepatitis, dan malaria, tetapi ini penyakit kuno yang hampir memusnahkan generasi manusia dimasa lalu: TUBERKULOSIS

Terinfeksi positif

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), penyakit ini telah menelan hampir 2 Miliar orang atau sepertiga dari populasi dunia.

setiap tahun muncul delapan juta kasus baru mengenai TB. disertai dengan tiga juta kematian akibat TB. saat ini WHO memperkirakan bahwa sebanyak 500 juta orang akan terjangkit penyakit ini selama 50 tahun kedepan.

TB tidak hanya menyerang negara berkembang. di Amerika Serikat saja diperkirakan 10 juta-15 juta penduduk terinfeksi bakteri ini. dan 22 ribu kasus baru muncul setiap tahunnya.

Namun, 15 tahun lalu otoritas kesehatan dunia menyatakan bahwa bakteri ini dan sejenisnya seperti polio dan cacar telah musnah dari muka bumi ini. selama tahun 1900 an bakteri ini adalah pembunuh nomer wahid di Amerika. tapi di tahun 1940 an ditemukan obat antibiotik untuk membunuh bakteri TBC  ini. dan selama 3 dekade bakteri ini diklaim telah musnah dari kehidupan manusia. dari tahun 1950-1980 kasus TBC menurun drastis.

tapi di setelah itu sekitar tahun 1985 an, bakteri ini muncul kembali dengan pola yang lebih ganas dari sebelumnya. paling banyak didapat di negara-negara industri dan negara-negara miskin. bahkan di amerika dari tahun 1985-1992 terdapat hampir 20% kasus TBC meningkat drastis. dan di tahun 1993, WHO menganggap peristiwa ini adalah “darurat global” bagi dunia. bahkan menurut data WHO, bakteri ini membunuhnya lebih sadis dari AIDS, malaria dan penyakit lainnya.

TB disebabkan oleh bacillus, Mycobacterium tuberculosis. Seseorang dapat menjadi terinfeksi dengan bakteri tuberkulosis ketika partikel mikroskopis dahak udara yang terinfeksi dihirup. Bakteri masuk ke udara saat seseorang yang terjangkit infeksi TB paru batuk, bersin, berteriak atau bahkan tertawa. Orang yang dekat dengan orang terinfeksi dapat tertular saat menghirup bakteri ke paru-paru mereka.

Otoritas kesehatan dunia percaya bahwa dalam memerangi bakteri ganas ini bisa dengan pengobatan yang mereka sebut DOTS (directly observed treatment, short course). atau dengan bahasa lain adalah (amati langsung) penderita, baik saat minum obat atau cara hidupnya secara konsisten tanpa terputus.

Widy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: