Kendala Siaran Piala Dunia


Legalitas TV Kabel di Indonesia

channel tv kabel

Berbagai upaya pembersihan siaran piala dunia melalui TV kabel lokal dilakukan oleh pihak PT Dunia Digital dan Polres Lumajang Jawa Timur. menurut Manager PT Dunia Digital Rusli, penayangan piala dunia melalui TV Kabel lokal telah merugikan perusahaannya sebesar 2.5 milyar rupiah.

Sebagai pemegang hak cipta penyiaran piala dunia, PT Dunia Digital mencatat adanya banyak kerugian diakibatkan tidak lakunya perangkat siaran resmi piala dunia karena masyarakat dengan sangat mudah bisa mengakses seluruh pertandingan piala dunia lewat TV kabel lokal yang tersedia di hampir seluruh pelosok Lumajang.

perangkat tv kabel lokal

di Lumajang saja, terindikasi ada sekitar 20-30 penyedia TV kabel lokal dengan pelanggan bervariasi antara 200-500 pelanggan. “ini secara matematik sangat merugikan kami”. jelas Rusli.

dilanjutkan oleh Rusli bahwa penghitungan kerugiannya ini hanya di kabupaten Lumajang saja, belum Jawa Timur dan seluruh Indonesia. karena Lumajang adalah kota pertama di Jawa Timur yang langsung dia survei keberadaan kontribusi TV kabel lokal dalam penyiaran gelaran piala dunia.

keadaan ini tentunya akan membuat seluruh masyarakat penikmat bola Lumajang ketir-ketir. penayangan perhelatan akbar 4 tahunan ini sepertinya tidak mudah lagi mereka akses,  apalagi bagi pelanggan TV kabel lokal. berbagai aturan ini memang belum terbiasa bagi masyarakat lumajang karena selama ini akses penayangan olah raga sepakbola dunia sangat mudah mereka dapatkan.

Bahkan imbas dari tetek bengek ini berdampak pada lesunya acara-acara nobar (nonton bareng) yang digelar oleh perusahaan atau lembaga komersial lainnya. hampir tidak ditemukan pamflet, selebaran atau undangan nobar. ini mungkin karena ribetnya peraturan dan segala macamnya.

sebagai solusi, antena UHF silakan dipasang kembali. itupun bagi daerah yang menerima siaran RCTI/Global Tv. bagaimana dengan luar jawa? yang notabene sulit menerima siaran televisi nasional melalui antena UHF? otomatis menganggu dan mengecewakan penikmat bola diberbagai daerah. tahun-tahun berikutnya,  semoga ada solusi dan sosialisasi dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam hak siar acara By: Widy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: