Arti Nama-Nama Pabrikan Motor


Motor sudah menjadi kendaraan utama hampir seluruh warga Indonesia. Berbagai macam varian di produksi oleh produsen-produsen besar. Jepang adalah negara terbanyak yang memproduksi hampir semua merek motor di Indonesia. Kita banyak mengenal dan bahkan sangat hafal nama serta bentuk dan jenis suatu produk motor. tapi tahukah kita apa sebenarnya makna dari nama yang produsen pilihkan untuk kita itu?


Honda

Saichiro Honda (foto:mumyls)

Merek ini berawal dari nama pendirinya yaitu Saichiro Honda. Pria ini lahir di Shizuoka Jepang pada 17 November 1906 dan meninggal pada 5 Agustus 1991.  Dia anak pertama dari Gihei Honda, seorang pandai besi. Sepeda bukanlah hal baru baginya. Semasa kecil, dia menghabiskan waktu membantu orang tuanya yang bekerja sebagai pandai besi dan reparasi sepeda. Dia termasuk bocah yang tidak mengenyam pendidikan formal karena kemiskinan. Di usia 15 tahun, dia merantau ke Tokyo mencari pekerjaan. Dia bekerja paruh waktu disebuah bengkel pada tahun 1922. Enam tahun mengabdikan diri, Honda pun pulang kampung dan bermandiri dengan membuka bengkel mobil di desanya Hamamatsu.

Awalnya, dia merasa bahwa bengkel miliknya adalah yang satu-satunya di kota itu, namun tak lama kemudian dia dihadapkan pada kenyataan bahwa dia tidak sendirian. Segera muncul pesaing-pesaing baru namun ia memiliki 2 langkah untuk memenangkan persaingan. Pertama ia menerima perbaikan yang ditolak sebelumnya oleh bengkel lainnya dan kedua adalah bekerja secepat mungkin sehingga pelanggan tidak butuh waktu lama untuk menunggu.

Menginjak usia 22 tahun, gairah mudanya berkobar dengan hobi balapan. Dia menciptakan sebuah mesin yang mencatatkan rekor kecepatan saat itu. Dari hobinya inilah, kecelakaan hebat menimpanya hingga tulang-tulang tangannya patah. Atas bujuk rayu istrinya, Honda berhenti dari dunia balap. Aktifitasnya di fokuskan pada usaha otomotifnya. Tahun 1937, dia memproduksi cincin piston yang dia jual ke Toyota.

Setelah perang usai, ia muncul ide memasang mesin pada sepeda yang merupakan cikal bakal sepeda motor di kemudian hari. Awalnya ia memanfaatkan mesin-mesin bekas perang. Sewaktu buatannya dijual, respon masyarakat luar biasa. Dagangannya cepat laku hingga mendorongnya untuk membuat sepeda motor yang sebenarnya. Pada 24 September 1948 didirikannya Honda Motor Company. (wikipedia)

Jenis Produk:

Nama-nama yang di orbitkan oleh Honda lebih sering membawa makna spirit dan kekuatan. Seperti Prima, Grand, Tiger, Supra dll. Hal ini seiring dengan ciri khas produknya yang terkenal bandel dan kuat serta mutu harga jual tinggi.


Yamaha

Torakusu Yamaha (foto:kaskus)

Produsen motor yang satu ini memang lagi naik daun. Keunggulannya fokus pada inovasinya yang selalu disukai dikalangan anak muda. Torakusu Yamaha (20 April 1851-8 Agustus 1916) adalah pendiri pertama perusahaan Yamaha Corporation. Awalnya perusahaan yang dia dirikian adalah menawarkan produk dan jasa, utamanya alat musik dan elektronik.

Dimulai pada 1970-an, Yamaha mengembangkan berbagai alat musik elektronik dan teknologi. Saat ini Yamaha adalah produsen terbesar alat musik di dunia, dan Yamaha Motor Corporation adalah produsen terbesar kedua sepeda motor.

Pada tahun 1940, Kawakami dan para insinyur Yamaha Corporation mengunjungi pabrik-pabrik Jerman untuk belajar bagaimana membuat sepeda motor. Prototipe pertama, dengan nama Yamaha YA-1, untuk menghormati pendiri Yamaha, selesai pada bulan Agustus 1954. Sepeda ini didukung oleh udara-pendingin, 2-stroke, 125 cc mesin single silinder. Prototipe diuji dengan dikendari sejauh 10.000 km yang belum pernah dilakukan sebelumnya, tes dilakukan untuk memastikan bahwa kualitasnya adalah kelas atas.

Keberhasilan YA-1 mendorong untuk mendirikan Yamaha Motor Co, Ltd pada tanggal 1 Juli 1955. Produsen sepeda motor baru diproduksi sekitar 200 unit per bulan. Pada tahun yang sama, YA-1 memenangkan kelas 125cc di dua acara balapan terbesar di Jepang. Tahun berikutnya, YA-1 menang lagi di Highlands Asama Race. (biografi.blogspot)

Jenis Produk:

Pabrikan garpu tala ini senang sekali menamai produknya dengan nama-nama bintang. seperti Vega, Vixion, Jupiter dll.



Suzuki

Michio Suzuki

Michio Suzuki adalah pendiri pertama perusahaan motor yang satu ini. Lahir 2 Oct 1926 di Chiba, Japan dan meninggal 31 May 1998 di Mitaka, Japan. Kehidupannya sangat berliku sebagai seorang pelarian. Dia termasuk salah satu pendiri pabrikan motor yang kenyang akan dunia pendidikan. Dia seorang Doktor lulusan Illionis USA.

Mendirikan Suzuki Motor pada tahun 1909 yang bergerak dibidang Industri Otomotif. Suzuki Motor Corporation adalah perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Mereka memiliki tempat produksi yang terletak di lebih dari 22 negara.

Penulis: Widy

Dari berbagai sumber

One response to this post.

  1. Hi there to all, it’s genuinely a fastidious for me to pay a visit this website, it contains useful Information.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: