Siapa Upin dan Ipin?


Serial Upin & Ipin

Selama ini saya tidak menyukai semua yang berbau film kartun. Entah dikarenakan memang sudah dewasa atau terlalu kuanggap kekanak-kanakan. Sore itu tanpa sengaja aku duduk didepan TV sembari menemani sang buah hati yang setia menunggu kumandang Adzan maghrib di TV. Tampak dilayar ada film kartun yang memerankan dua bocah kembar yang gundul.

Dengan bahasa melayu yang sangat kental dan teks film dilayar, kupastikan kalau film ini memang bukan produksi dalam negeri. Yang membuat saya terus memandangkan mata kearahnya adalah karena anakku sangat hafal dengan nama dan perilaku para pemainnya. Tujuan awalnya hanya ingin memfilter apakah film kartun ini cocok untuk anakku yang masih 2 tahun.

Siapa Upin dan Ipin?

Sejarah:

Film ini adalah gagasan dari para pemilik Les’ Copaque yaitu Mohd Nizam Abdul Razak, Mohd Safwan Abdul Karim dan Usamah Zaid. Ketiganya adalah alumni Multimedia University of Malaysia. Awalnya mereka hanya bekerja di sebuah perusahaan animasi hingga akhirnya mereka bertemu dengan seorang pengusaha minyak Haji Burhanuddin Radzi dan istrinya bernama H. Ainon Ariff pada tahun 2005. Dari sinilah mereka mendirikan Les’ Copaque.

Film ini pertama kali dirilis pada 14 September 2007 di Malaysia. Film animasi kartun ini disiarkan tiap hari di TV9 Malaysia. Awalnya film ini hanya digunakan untuk mengajari anak-anak dalam menjalankan ibadah puasa. Dibalut cerita kampung melayu khas Malaysia, mereka yakin idenya akan bisa menembus pasar Internasional. Pembuatan kartun Upin dan Ipin menggunakan perangkat lunak CGI Autodesk Maya.

Serial Upin & Ipin

Ide Cerita Tokoh:

Upin dan Ipin:

Dua bocah kembar yang ditinggal mati oleh kedua orang tuanya dan tinggal bersama tantenya (kak Ros) dan juga neneknya (Opah). mereka tinggal disebuah desa bernama Durian Runtuh.

Mei mei :

Tokoh ini memerankan seorang anak keturunan cina yang begitu cerdas dan imut. Setiap harinya dia tampak sangat unggul dibanding tokoh-tokoh yang lain.

Jarjit Singh:

Jarjit memerankan seorang anak keturunan India. Dengan ciri khas rambut digelung diatas kepala, kulit gelap dan setiap bicaranya selalu diiringi dengan tautan Pantun. dengar ya…dengar …. satu dua tiga …..

Ehsan:

Ehsan adalah tokoh seorang anak orang kaya, serba berkecukupan dan pelit. Semua hal yang dimilikinya selalu berupa barang mahal. Kesukaannya makan dan manja membuat dia dijuluki si tukang makan atau Intan Payung (anak manja).

Fizi:

Fizi memerankan tokoh seorang anak yang selalu dekat dengan Ehsan tapi tidak memiliki apa-apa. Dia selalu melayani Ehsan, dengan harapan dapat menikmati semua hal yang dimiliki oleh Ehsan.

Mail:

Tokoh ini memerankan seorang anak yang pandai dagang. Semua hal dia harga seringgit. Tiap harinya dia digambarkan sangat sibuk membantu usaha orang tuanya hingga menjalar menjadi kepribadian dagang yang ulet.

Ijat:

Tokoh ini memerankan seorang anak yang paling bodoh diantara setemanannya Upin & Ipin. Jika mendengar hal-hal yang menakutkan selalu jatuh pingsan.

Penayangan

Film animasi anak ini laku keras dibeberapa negara. Mereka menjadi tontonan favorit keluarga di 11 negara sekaligus ditahun ketiganya ini. Negara-negara yang menyiarkannya adalah:

Malaysia, Indonesia, Tuki, Singapura, Brunei, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja Hongkong dan Korea Selatan.

Penghargaan

  • Juara Animasi Terbaik dalam festifal Film International di Kuala Lumpur.
  • Best On Screen Chemistry di ajang Anugerah Shout 2009

Penulis : Widy

Sumber : wikipedia

7 responses to this post.

  1. Posted by dismas not dimas on 13 Agustus 2010 at 01:22

    betul… betul… betul. Memang bagus kontennya kartun Uppin Ippin… Kontennya cukup edukatif.

    Balas

  2. Posted by abd hafid jamado xll pk a on 17 Agustus 2010 at 09:19

    pak sebenernya nama nenek/opah upin and ipin cp pak?

    Balas

  3. Saya suka ceritanya yg keseharian, karena penuh makna. Tapi belakangan ada versi movienya (2 jam) yg lebih banyak berisi fantasi.

    Balas

    • belum pernah lihat yang versi movie. tapi, selama masih menyuguhkan seperti formatnya yang di TV, insyaallah masih memberi banyak makna bagi anak-anak indonesia.
      makasih dah kunjung bos.
      salam kenal

      Balas

  4. Posted by fatih faqih on 1 April 2011 at 21:39

    meskipun di putar dengan cerita yang sama berulang kali,tetap membuat anak2,khususnya anak saya tidak pernah bosan nonton film ini

    thank’s ya BOS

    Balas

  5. Posted by Feisal Tanjung on 21 Juni 2015 at 04:45

    Nama asli nenek upin ipin adalah Mak Uda , tapi lebih akrab kita kenal dg sebutan Opah (Sumber:Wikipedia)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: