Jangan Isi BBM Siang Hari


BBM menguap dari tanki

Jika anda memiliki mobil atau motor, biasakan tidak mengisi BBM saat siang hari yang panas. Pengisian BBM disaat matahari menyengat akan merugikan kita sebagai konsumen (pembeli) BBM itu sendiri. Stiker “pasti pas” yang tertera di sebuah SPBU bukan jaminan BBM anda akan terisi sesuai dengan meteran.

Tidak semua SPBU jujur dalam mengisikan BBM yang dibeli oleh konsumen. Banyak sekali keluhan para konsumen yang menganggap SPBU curang. Oleh karena itu, sebelum berfikir negatif, mari kita mencoba membuat asumsi bahwa sesungguhnya bahan bakar bensin memiliki tingkat pemuaian (penguapan) tinggi.

Suhu:

Siang hari adalah suhu tertinggi (panas) yang bisa membuat BBM jenis bensin menguap dengan cepat. Hal ini dipengaruhi oleh tanki BBM di SPBU tidak memiliki pengatur suhu. Saat anda mengisi bahan bakar disiang hari, BBM yang keluar dari pompa akan banyak menguap ke udara dari pada masuk ke tanki motor atau mobil anda karena penguapan. Sedangkan angka meter BBM yang ada di SPBU dan di motor / mobil anda akan sangat berbeda.

Mobil Tanki

Jika anda melihat mobil tanki pertamina sedang melakukan pengisian pada sebuah SPBU, usahakan anda tidak berhenti di SPBU tersebut untuk membeli BBM. Hal ini perlu anda hindari, karena pengisian tanki BBM SPBU akan mengakibatkan perputaran bensin didalam tanki dan naiknya kerak kotoran tanki yang ada dasar tanki SPBU. Akibatnya, motor dan mobil anda akan mendapat asupan BBM kotor yang dapat menjadi gangguan pada mesin sehingga kinerjanya tidak optimal.

Saran

  • Isilah BBM di pagi hari atau malam hari. Suhu tanah yang dingin dipagi atau malam hari membuat BBM lebih kental dan lebih pekat. Sedangkan jika siang hari, Suhu panas tanah mengurangi tingkat kekentalan dan kepekatan BBM.
  • Isilah BBM saat SPBU tidak dalam keadaan isi ulang (refill). BBM yang anda peroleh adalah BBM yang bersih dan bening. Bebas dari kerak tanki SPBU.

Penulis: Widy

Sumber : Whooila

5 responses to this post.

  1. Posted by ikfantri (madridista) on 30 September 2010 at 19:17

    tapi kalo kehabisan bensin yo beli ae pak? pak enzo kok belom ada

    Balas

  2. mending ngecer dulu. enzo kan sudah saya kasih tahu… dia anaknya zinedine zidane. kamu maunya dibuatkan pembahasan gitu tah?

    Balas

  3. Posted by Dwi fandi on 2 Oktober 2010 at 08:08

    Oke Lah kaLo bgitu pak, ,
    , ,
    N
    ‘ ‘
    trimakasih atas informasix..

    Balas

  4. Posted by ikfantri (madridista) on 6 Oktober 2010 at 19:54

    yoi pak ben wero kabe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: