Asupan Terbaik Untuk Otak


 

otak manusia

Organ tubuh manusia yang satu ini adalah organ yang paling vital dalam menyimpan file, konsentrasi, berfikir, mengingat dan juga banyak lagi lainnya. Dibutuhkan sebuah usaha keras untuk selalu mengisi, mengasah dan memintarkan supaya sosok manusia yang memilikinya mampu menghadapi problematika hidupnya dengan arif dan bijaksana.

Dengan bertambahnya usia, manusia dihadapkan pada lemahnya kinerja otak. syaraf-syaraf otak terlalu banyak menyimpan berbagai macam file hidup dan permasalahannya. Dibutuhkan beberapa cara untuk tetap membuat otak kita prima setiap saat. Anatara lain dengan memberi beberapa asupan vitamin dan nutrisi.

Berikut akan saya beri beberapa hal yang termasuk usaha pemeliharaan dan peningkatan fungsi otak:

1. Minum Kopi

Bagi banyak orang, kopi merupakan minuman yang harus dihindari. Para dokter pun banyak yang menganjurkan kita untuk menghidari minuman ini. Tapi tahukah anda jika bahan utama kandungan kopi yaitu KAFEIN adalah zat yang mampu meningkatkan kinerja otak secara jangka pendek. Bukan berarti anda harus minum kopi dengan serampangan. Kafein tidak boleh berlebih dalam tubuh, karena akan membuat anda gelisah dan tidak nyaman. Minumlah kopi dikala anda sedang butuh konsentrasi otak tinggi.

2. Konsumsi Gula

Segelas minuman manis setiap pagi adalah hal yang diharuskan. Glukosa dalam minuman dan makanan sarapan dipagi hari akan membuat konsentrasi dan daya ingat otak bertambah. Tapi ingat, kelebihan gula juga tidak baik untuk otak serta berat badan anda. berimbanglah dalam mengkonsumsinya.

3. Selalu Sarapan

Dalam sebuah penelitian menerangkan bahwa, seseorang yang selalu sarapan pagi memiliki tingkat kerja otak lebih baik daripada yang tidak sarapan. Hal ini dikarenakan Otak mendapat asupan vitamin dan nutrisi dari makanan yang dimakan di pagi hari. Menu yang disarankan adalah kacang-kacangan, susu / olahannya dan buah. Hindari sarapan yang hanya mengandung karbohidrat (mie, nasi goreng, dll) karena akan membuat anak cepat tertidur lagi.

4. Makan Ikan

kandungan omega 3 dalam ikan adalah zat penting untuk nutrisi otak. Jadikan ikan sebagai sahabat menu makan anda. Minyak ikan ini juga mampu menghindari anda dari stroke dan mampu menambah daya ingat otak  20% dari semula.

5. Minum Jus avokad

Avokad adalah buah yang mampu menurunkan zat dan kolesterol jahat dalam tubuh. Jika tubuh bersih dan sehat dari kolesterol, maka daya laju vitamin dan nutrisi ke otak juga akan lancar dan cepat.

Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

ditulis oleh: widy

2 responses to this post.

  1. Posted by santos on 14 Maret 2011 at 11:05

    tak cobak sih

    Balas

  2. Posted by kafrawi tahir on 6 Februari 2012 at 12:12

    terim kasih atas informasinya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: