6 Stadion Unik di Dunia


Dalam permainan sepak bola, infrastruktur lapangan dan stadion adalah hal yang paling utama. Beberapa negara bahkan pernah merancang beberapa stadion unik dengan tujuan tidak hanya sebagai tempat bermain bola, melainkan juga sebagai tempat indah yang bisa dipakai sebagai objek wisata yang mendatangkan pengunjung atau turis.

Inilah data 6 stadion yang sengaja dirancang unik dan aneh:

1. Vesturi á Eiðinum Stadium

Ini adalah stadion yang berada di semenanjung kepulauan Faroe. Mampu menanmpung sekitar 3000 penonton yang langsung disuguhi ombak pantai yang indah. Uniknya, disetiap pertandingan akan ada beberapa anak gawang yang naik perahu di pinggiran pantai yang bertugas mengambil bola yang tertendang ke laut. Para pemain juga diribetkan arah angin yang berhembus kencang menerpa mereka, sehingga arah bola sulit terprediksi. wah … bener2 ribet kalo main di sini Bro!

2. Vesturi á Eiðinum Stadium

Singapura sebagai negara yang kecil tentunya sulit mencari sisa lahan untuk sekedar membangun stadion. padatnya bangunan di Singapura membuat pemerintah setempat harus membangun stadionnya mengapung di atas lautan. Alas Stadion ini murni terbuat dari baja yang mengapung mirip sebuah perahu kapal yang sandar di dermaga. Stadion ini mampu menampung berat sekitar 1.070 ton. Kapasitas penontonnya 30.000 orang.  Upsss… ada sensasi tersendiri lho kalau pas main bola gelombangnya lagi tinggi. bisa terhuyung-huyung tuh pemain.

3. Stadion Osaka Jepang

Sudah membangun stadion mahal-mahal, malah tidak ada klub yang main di situ. Akhirnya pemerintah setempat merubah fungsi stadion menjadi perumahan. Nampak struktur stadion tidak dibongkar total. Hanya sisi rumput lapangan saja yang dibangun beberpa bangunan hunian. Emane rek!!!!. Warga yang tinggal disitu pasti spesial banget. Karena rumah mereka dikelilingi tribun penonton.

4. Stadion Iseng

Haha … ini bukan stadion sungguhan. Orang yang punya ide ini tentunya sangat merindukan ada permainan sepakbola di lapangan yang miring. Hikz…. kalian juga pasti pingin liat atraksi Messi dan Ronaldo mengocek bola di lapangan seperti ini. ada-ada aja!

5. Eco Stadium

Stadion ini dibangun mengacu pada lingkungan hidup. Pemerintah Brazil ingin memiliki satu stadion yang ramah lingkingan. Stadion ini dibangun tanpa mengandung baja, material bangunan atau hal-hal yang berbau bahan kimia. Semua sisi stadion adalah gundukan tanah yang diperuntukkan untuk bangku penonton dengan tatanan rumput hijau yang segar. Penonton pun dibuat nyaman dengan keteduhan dan hijaunya seluruh stadion.  Nama Eco adalah singkatan dari Ecosystem. Yang berarti stadion yang mengacu pada ekosistem. Sungguh ide yang sempurna tentunya. Tidak mahal lagi. Ayo Indonesia, buat yang seperti ini…. murah.

6. Stadion Braga Portugal

Stadion ini pernah populer saat penyelenggaraan EURO 2004 di portugal beberapa waktu lalu. Sisi belakang gawang adalah pemandangan alamiah dari bebatuan cadas yang sengaja di pasang untuk penutup stadion. Letaknya yang persis disebelah pabrik tambang, dekorasinya disesuaikan dengan situasi pertambangan yang terinspirasi dari kehidupan bangsa INCA kuno di Amerika Selatan. Menelan biaya 81.3 juta euro hanya untuk menata batu cadas di dua sisi belakang gawang.

Apa anda pernah masuk ke stadion Gelora Bung Karno?. Stadion kebanggaan Indonesia ini tidak pernah penuh. Sungguh sebuah kebanggaan yang mahal dan tidak efektif.

2 responses to this post.

  1. Posted by I Gde Koename on 18 April 2011 at 12:10

    Tentang eco staduim… dulu Stadion Gajahyana Kota Malang juga memiliki tribun yang terbuat dari gundukan tanah… dan ketika menonton bola di waktu hujan maka penonton yang tidak berhati-hati akan terpeleset karena gundukan tanah yang ditumbuhi rumput itu basah… (pengalaman pribadi iki Leee…)

    Balas

  2. Posted by komeng on 18 Desember 2011 at 21:10

    yow apeeeezzzzz etz ?????????????

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: