Notasi Musik Lahir dari Al-Qur’an


Luar biasa manfaat Alquran. Selain memberi petunjuk bagi umat manusia, Kitab Suci umat Islam itu juga member banyak inspirasi penting bagi kehidupan. Dari lantunan Alquran, banyak orang melakukan perubahan. Dari lantunan Alquran pula, notasi musik dilahirkan. Coba bayangkan, apa jadinya jika hidup ini tak dihiasi notasi?

Bacaan Alquran yang dilakukan secara berirama sesuai ilmu tajwid (ilmu tentang tata cara membaca Alquran), menjadikan Qutb al Din Al Shirazi (1236-1311) terpikir untuk membuat notasi. Di dalam tajwid dikenal hukum-hukum untuk memanjangkan bacaan (maad), menghentikan bacaan (waqf), mendengungkan bacaan (idgham), dan sebagainya.

Inilah yang menjadi ilham bagi Shirazi. Dia bukanlah seorang ahli yang memiliki bekal pendidikan musik. Dia juga bukan seorang pemain music. Shirazi lahir dari keluarga dokter. Dalam pendidikannya, dia banyak mendalami bidang matematika. Selain notasi, Shirazi juga banyak membuat karya tentang matematika.

Dari temuan Shrazi inilah kemudian lahir banyak karya musik besar yang mempengaruhi perubahan dunia. Dalam buku berjudul The Sound of Rules in Reading The Quran in Qutb Al Din Al Shirazi’s Music Notation, pakar dari Universitas Erciyes, Turki, Fazli Arslan, mengungkapkan bahwa temuan Shirazi itu merupakan awal dari notasi music Timur.

Memang notas Shirazi tidak langsung sempurna seperti tangga nada yang kita kenal saat ini. Di masa selanjutnya, notasi karya Shirazi ini disempurnakan oleh Al Kindi. Dia melengkapi penggunaan huruf sesuai abjad dalam notasi musik. Dari perpadua kedua pakar itulah kemudian notasi music menjadi lebih sempurna.

Dalam perkembangannya, notasi karya Shirazi yang disempurnakan oleh Al Kindi ini diadopsi dunia Barat. Di Barat, music menggunakan notasi pertama kali dimainkan oleh musikus Giovani Gabrielli. Dia meninggal tahun 1612. Salah satu reportoarnya yang sangat terkenal adalah Gabriealli Sacrae Symphoniae (1597).

Temuan notasi ini kemudian menjadi lebih terkenal ketika abad keemasan musik datang dengan lahirnya tokoh seperti Mozart dan Beethoven. Di zaman sekarang, notasi musik ini sudah sangat populer diajarkan di sekolah-sekolah umum.

sumber

One response to this post.

  1. Very good and important

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: