Lagu Iwak Peyek Ternyata Milik Band dari Yunani


Gelegar lagu Iwak Peyek menggema di seantero Indonesia di tahun 2012 ini, setelah Trio Macan mempopulerkannya versi Dangdut Koplo. Awalnya, lagu ini muncul di Jawa Timur dengan versi Bahasa Jawa kasar yang di nyanyikan dalam banyak versi penyanyi. Ada Sagita, Shodiq dan juga Anak Band.

Seiring dengan ketenaran lagu ini, Akhirnya munculah kontroversi seputar klaim kepemilikian lagu Iwak Peyek. Selama ini, pencipta lagu Iwak Peyek belum pernah sekalipun di sebut. Perkiraan liar para pendengar awalnya mengarah pada grup Dangdut Sagita yang memiliki lagu ini, karena dari merekalah lagu ini moncer di Jawa Timur. Tak lama berselang muncullah versi Shodiq Monata. Shodiq bukan penyanyi asing di Jawa Timur khususnya di dunia musik Dangdut. Semakin melambunglah lagi lagu Iwak Peyek bersama Shodiq di setiap penampilan konser Dangdut dan juga beredar melalui CD/DVD bajakan.

Awal Mulanya Trio Macan

Lagu ini terdengar ke telinga Produser Dangdut Trio Macan. Dia menganggap lagu ini sangat cocok untuk karakter Trio Macan yang beraliran Dangdut Koplo. Di carilah siapa pencipta lagu ini. Usut punya usut, sebuah nama H. Imron, seorang BONEK yang juga pedagang besi tua adalah pemilik lagu ini.Di belilah Lagu ini untuk di komersialkan secara nasional dalam versi Bahasa Indonesia.

Kutipan pengakuan H. Imron

Menurut H. Imron, lagu ini dia ciptakan saat perutnya kelaparan ketika mendukung Persebaya Surabaya melawan Persib di Bandung bersama para BONEK. Ketika kelelahan menyanyi dan menari di dalam stadion, beliau mundur dan bersandar di sisi tembok belakang. Pikirannya galau karena lapar dan membayangkan seandainya ada orang jualan makanan sego jagung (nasi jagung) dan Iwak Peyek… ohh sungguh nikmatnya. Dalam benaknya muncullah sebuah syair (belum jadi lagu) dengan syair demikian:

Iwak Peyek …. Iwak Peyek sego Jagung

Sampek tuwek… sampek Matek, persebaya selalu di dukung

Beberapa munggu setelah itu, H. Imron mencoba mengenalkan syairnya yang telah jadi lagu di forum suporter BONEK. dan Mereka pun mencobanya di stadion saat mendukung Persebaya Surabaya berlaga.

Masih menurut H. Imron, lagu ini akhirnya di minta Shodiq Monata untuk di nyanyikan. Dan sampai tenarnya lagu ini sekarang, beliau belum pernah merasakan hasil dari lagu ciptaannya tersebut.

 

Versi Plagiat

Setelah ramai diperbincangkan kontroversi pemilik lagu Iwak Peyek seiring di Somasinya Trio Macan, utak-atik Youtube kok yo kebetulan menemukan lagu milik band suporter tim sepakbola Yunani Olimpiakos. Memang terdengar tidak sama persisi. tapi dalam reffrennya jelas sekali itu lagu Iwak Peyek yang lagi terkenal saat ini. silakan klik link yotube disini untuk mendengarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: